Kesempatan Baru, Tantangan Baru

Oleh : Erlangga Satria Gama*)

Tantangan tersendiri untuk saya menulis ini. Bahasa program yang dibilang aneh lebih mudah buat saya daripada menulis dengan kata-kata halus dan tertata. Pukul 21.19 di Melbourne saat saya mulai menulis untuk pertama kalinya untuk Diary PPIA Pusat, salah satu project dari Departemen Media dan Komunikasi, di mana saya ditugaskan sebagai IT Officer bersama dengan Mas Ridho Nur Imansyah.

Ada beberapa program yang harus saya kerjakan untuk website PPIA. Salah satu yang paling penting adalah desain. Mas Dudy, Ketua PPIA Pusat ingin agar website kami bisa diubah tampilannya karena tampilan yang ada sekarang dianggap sudah terlalu ‘lama’ dan butuh upgrading. Saya masih ingat saat saya bertugas sebagai webmaster untuk PPIA Ranting University of Melbourne, website PPIA Pusat adalah salah satu website yang saya jadikan inspirasi. Sekarang saya yang harus bekerja untuk merombak tampilan dan fitur dari website ini. Merombak tentunya bukan hanya untuk beda, tapi lebih baik.

Tentunya saya sadar ini bukan hal yang mudah, tapi dilihat dari sisi positifnya, saya mendapatkan kesempatan berharga untuk bisa belajar dan meng-explore lebih lagi, kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang, kesempatan untuk tahu sejauh mana kemampuan saya. Kesempatan yang saya yakin belum tentu datang lagi nanti, karena kesempatan mirip dengan waktu, tidak bisa diulang. Bedanya, kesempatan itu kadang terlihat dan kadang tidak. Kadang sudah dekat, tapi tidak terasa kehadirannya. Mumpung mata ini dibukakan, maka saya mantap memberikan semaksimal mungkin untuk PPIA, meskipun kesulitannya sangat terasa.

Pertama, pengurus PPIA bukan berasal dari daerah yang sama di Australia. Kami ini terpisah jarak, bahkan ada perbedaan waktu. Bagi orang luar, terdengar keren juga kami rapat via Skype, berteman dengan mahasiswa sebangsa dari bagian lain Australia. Tapi ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Dari proses perkenalan yang tidak bertatap muka hingga berusaha mengenal kepribadian sesama pengurus hanya dari percakapan di Facebook dan Whatsapp. Tapi Tuhan itu baik, saya beruntung, karena semua pengurus dari Media dan Komunikasi ini orang-orangnya ramah dan aktif. Semua bersedia saling bantu. Sedikit manis juga, ada ucapan “selamat pagi”, “selamat beraktivitas”, sampai “selamat Hari Minggu” dalam percakapan grup kami di Facebook. Beberapa masalah yang datang juga bisa kami atasi bersama-sama. Tidak salah nama departemen kami Media dan Komunikasi Gotong Royong. Semoga setiap masalah yang datang makin mempererat kekompakan dan kedekatan di antara kami.

Kedua, itu dia, saya harus merombak website yang menurut saya sudah bagus. Selama saya menjadi webmaster di keorganisasian, hanya ada dua macam masalah. Website yang kurang bagus dijadikan bagus atau mulai buat dari nol dan harus bagus. Tapi perubahan dari yang sudah bagus, menjadi lebih bagus, baru ini saya alami. Dari hasil rapat, ada begitu banyak hal yang musti dikerjakan pada website. Di antaranya desain dan fitur statistik. Desain ini dipercayakan Puteri dan Mas Ridho pada saya. Lumayan pusing juga awalnya, dan terima kasih Tuhan, konsep desain sudah ada di otak saya setelah dua minggu mencari inspirasi. Dari perkiraan waktu, semoga Summer nanti website PPIA Pusat sudah bisa beroperasi dengan desain yang baru dan fresh.

Sekarang ini sudah pukul 10.30 malam di Melbourne. Saya tutup malam ini dengan doa, semoga apa yang saya lakukan adalah yang terbaik, dan semoga PPIA pusat bisa menjadi role model bagi cabang dan ranting. Saya yakin dengan niat tulus melayani yang kami bawa, Tuhan tidak akan tega membiarkan kami mengambil langkah yang salah.

Suatu kehormatan bagi saya berada di PPIA Pusat.

Selamat bekerja rekan-rekan! Ayo kita sambut kesempatan dan tantangan ini dengan semangat untuk memberikan yang terbaik!

 

*) Penulis adalah mahasiswa jurusan Computing and Software System, University of Melbourne dan bertugas sebagai Webmaster, Departemen Media dan Komunikasi, PPIA Aktivis 2014-2015

Comments (2)

  1. Nur Hotimah

    good diary, menginspirasi untuk selalu menulis dan menulis 😀

    Reply
  2. nitz

    halo, pengen minta email nya dong kak.. thx

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *